Selasa, 02 April 2013

Ringkasan TIK Bab 3


Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

Pada dasarnya, Internet berisikan berbagai macam informasi yang disajikan dalam suatu website. Untuk dapat mengkases website tersebut, kamu membutuhkan browser (perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses Internet). Ada beberapa browser yang dapat digunakan untuk mengakses Internet, di antaranya adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, dan Netscape Navigator. Browser yang paling banyak digunakan saat ini adalah Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Berikut ini adalah penjelasan tentang browser tersebut.

1. Internet Explorer

Internet Explorer merupakan browser bawaan dari sistem operasi Windows. Saat ini, Internet Explorer sudah mengeluarkan berbagai versi. Hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan WebSideStory sebagai penganalisa web menunjukan bahwa pengguna Internet Explorer saat ini mencapai 93,7%. Oleh karena itu, Internet Explorer dinyatakan sebagai browser yang paling banyak digunakan oleh para pengakses Internet.


Internet Explorer memiliki beberapa kelebihan yaitu:
  1. Tidak memerlukan memori komputer yang terlalu besar.
  2. Jika komputer menggunakan sistem operasi Windows, Internet Explorer sudah otomatis terinstal.
  3. Sudah terintegasi dengan Microsoft Outlook ataupun Outlook Express sehingga lebih memudahkan untuk mengirim dan membaca e-mail.
Selain memiliki kelebihan, Internet Explorer juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah:
  1. Ukuran aplikasinya besar, dapat mencapai 80 Mb.
  2. Belum terintegrasi dengan berbagai perangkat lunak Download Manager, seperti IDM.
  3. Fitur-fiturnya masih sedikit jika dibandingkan dengan Mozilla Firefox.
  4. Kecepatan dalam melakukan browsing masih lebih lambat jika dibandingkan dengan Mozilla Firefox.
  5. Hanya dapat digunakan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.
2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah penjelajahan web antarplatform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Mozilla Firefox sekarang sudah mencapai versi 3.0.8.

Kelebihan Mozilla Firefox adalah:
  1. Ukuran aplikasi relatif kecil, yaitu sekitar 7,3 Mb.
  2. Mendukung berbagai jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas maupun gerakan mouse pintas.
  3. Memiliki fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus.
  4. Fiturnya lebih banyak dari Internet Explorer.
  5. Tampilan browser dapat dikostumisasi menggunakan skin.
  6. Tampilan halaman yang lebih luas dan area toolbar lebih ringkas.
  7. Kecepatan aksesnya lebih cepat daripada Internet Explorer.
Kekurangannya antara lain:
  1. Tidak terinegrasi dengan Microsoft Outlook ataupun Outlook Express.
  2. Memakan banyak memori komputer.
  3. Harus diinstal terlebih dahulu (tidak otomatis seperti Internet Explorer).



Mengenal Mesin Pencari (Search Engine)

Mesin pencari (search engine) merupakan situs tertentu yang dirancang khusus untuk menemukan alamat website atau artikel berdasarkan kata kunci yang diinginkan. Sekarang ini sudah banyak situs yang menydiakan mesin pencari (search engine) untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pengunjung situs tersebut. Berikut ini adalah bebrapa mesin pencari yang tersedia di Internet.

1. Mesin Pencari Google

Google merupakan mesin pencari yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh banyak orang. Alamat website Google adalah http://www.google.com untuk layanan bahasa Inggris adalah http://www.google.com, bahasa Jepang http://www.google.co.jp dan untuk bahasa Indonesia http://www.google.co.id.


2. Mesin Pencari Altavista

Altavista merupakan salah satu mesin pencari terbesar yang mampu menampilkan informasi dari basis dan situs lain. Mesin pencari Altavista dapat diakses pada alamat http://www.altavista.com.


3. Mesin Pencari Excite

Mesin pencari Excite dapat diakses di alamat http://excite.com. Excite merupakan salah satu mesin pencari yang mampu menampilkan informasi berupa web, gambar, berita, audio, dan video.


4. Mesin Pencari Yahoo

Mesin pencari Yahoo dapat diakses di alamat http://www.yahoo.com untuk bahasa Inggris, http://www.yahoo.co.jp untuk bahasa Jepang, dan http://www.yahoo.co.id untuk bahasa Indonesia.


5. Mesin Pencari Scirus

Scirus adalah mesin pencari khusus untuk ilmu pengetahuan. Scirus menambahkan sidebar yang menyaring hasil-hasil pencarian untuk akurasi maksimal. Alamat situsnya adalah http://www.scirus.com.



Layanan Internet

1. E-mail (Surat Elektronik)


Fasilitas e-mail adalah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan. Jika dianalogikan, e-mail memiliki fungsi yang sama dengan pengiriman surat melalui Kantor Pos. Tetapi, terdapat beberapa perbedaan antara mengirim surat melalui e-mail dengan mengirim surat melalui Kantor Pos, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jumlah lebar kertas surat yang akan dikirimkan tidak terbatas karena diukur dengan ukuran ruang dalam penyimpanan (bytes).
  • Pengiriman pesan atau surat melalui e-mail dapat dilakukan ke banyak orang sekaligus.
  • Pengiriman pesan atau surat melalui e-mail akan mempercepat waktu pengiriman.
  • Pengiriman melalui e-mail tidak dipengaruhi keadaan cuaca.
2. Mailing List (Milis)

Mailing list merupakan kumpulan atau daftar orang-orang yang memiliki kegemaran atau profesi yang sama. Mailing list juga merupakan grup diskusi yang ada di Internet, dimana setiap orang dapat berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Secara sederhana, mailing list adalah sebuah daftar alamt e-mail orang-orang yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama.

Beberapa tips dalam menggunakan mailing list adalah:
  1. Subscribe satu atau dua mailing list terlebih dahulu, kemudian lihat banyaknya e-mail yang kamu terima, setelah itu baru kamu subscribe mailing list yang lain.
  2. Simpan dan baca instruksi-instruksi yang diberikan setelah kamu subscribe ke salah satu mailing list.
  3. Matikan (unsubscribe) mailing list yang kamu ikuti pada saat berlibur, dan subscribe kembali setelah selesai berlibur.
3. Chatting

Kata dasar chatting adalah chat, artinya berbincang tau ngobrol. Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengakses untuk berkomunikasi secara tekstual. Jadi, pengguana Intenet dapat berkomunikasi melalui tulisan.

4. File Transfer Protocol (FTP)

File Transfer Protokol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).

5. Telnet

Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.

6. Teleconference (Konferensi Jarak Jauh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar